Senin, 28 Mei 2012

tips menambahkan aksesoris matic

Salam biker's,bahagia selalu berkendara dengan kendaraan roda dua matic kita.apalagi jika kuda besi kita tampil cantik dan full performance di jalan raya.otomatis deh yang namanya orang liat jadi jatuh cintrong...alias jatuh hati...walau bukan dengan orangnya..hehehehe.
oke,cekidot langsung aja kita simak tips di bawah ini

Tips Memilih Piringan Cakram Motor 

Cakram pada motor merupakan hal yang sangat penting bagi keselamatan Anda. Salah pilih cakram malah berakibat fatal bagi pengendara motor. Ada beberapa kriteria dalam memilih aksesoris motor yang satu ini:


http://media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2011/06/03/B98FBB7E-F09D-40ED-A44B-2766C2905C2C.jpg- Sesuaikan lebar cakram dengan sepeda motor Anda, Cakram lebar bisa diaplikasikan pada motor dengan cc yang besar karena daya cengkramnya lebih besar dan tepat dengan berat motor yang juga besar. Untuk motor bercc kecil bisa juga namun bisa mengkibatkan pengereman terlalu pakem sehingga membuat pengendaraan motor tidak stabil dan bisa menyebabkan kecelakaan.
- Sebaiknya menggunakan cakram standar pabrik, selain sudah teruji oleh pabrik juga sesuai dengan kecepatan kendaraan Anda. Piringan cakram standar sangat direkomendasikan bagi anda yang menggunakan motor sebagai kendaraan harian.


- Untuk mempercantik tampilan motor, Anda juga bisa memilih cakram dengan ukuran yang lebar, yang hampir sama dengan ukuran velg motor. Meskipun tampilannya bagus, tapi untuk factor keselamatan kurang bagus dan memerlukan keahlian dalam pengereman. Cakram dengan ukuran ini tidak dianjurkan bagi pemula karena membuat pengereman mendadak dan bisa oleng. Model cakram ini hanya cocok untuk variasi motor dan kontes modifikasi motor saja.
Sebaiknya pilihlah cakram yang tepat bagi motor Anda. Salah pilih malah berakibat kecelakaaan. Jadi dalam memilih aksesoris motor harus diperhatikan factor kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Safety Riding First!(wk)


Alat Penting untuk Bikers di Kala Hujan

Jas Hujan - Musim hujan sudah didepan mata, ada baiknya para bikers melengkapi diri dengan tool kit yang setiap waktu bisa berguna dalam kondisi hujan saat ini.
Kalau sudah hujan, genangan air akan menutupi jalan, hal ini terjadi di semua daerah. Kebanyakan para pengendara motor lupa membawa peralatan ini, dan ingatnya pas sudah kejadian mogok atau terkena banjir. Mogok dikarenakan melibas genangan air bisa terjadi kapan saja, mesin mati mendadak dan kita pun harus siap mendorong sampai bengkel terdekat.
jas hujan
Namun agar kita bisa terhindar dari masalah ini, ada baiknya menyaipakn peralatan atau tool kit untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Beberapa tool kit wajib yaitu:  ampelas, kunci busi,, obeng plus-minus, tang dan kunci ring-pas yang biasa dipakai. Dan tentunya lap kering agar bisa mengeringkan bagian yang terkena basah.
Selain alat diatas, ada beberapa tambahan peralatan yang harus dibawa pada musim hujan, yaiut jas hujan, plastik. lem sealent, isolasi, kawat dan cable tie. Sebaiknya semuanya di atur dalam sebuah tas kecil dan di tempatkan di dalam jok atau tas.
Musim hujan? Siapa takut.

Tips Merawat Motor Matik

Variasi Motor - Pada umumnya motor matik yang sudah di gunakan selama 2 atau 3 tahun, harus siap-siap untuk dana untuk mengganti beberapa spareparts yang wajib diganti. Namun apabila pemakaian motor dengan baik dan servis rutin, penggantian komponen bisa lebih lama lagi. Idealnya motor harus d servis secara rutin minimal dua bulan sekali.
variasi motor
Untuk motor matik, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, seperti komponen CVT yaitu belt yang punya masa pakai tertentu. CVT terbuat dari bahan campuran rubber, sehingga apabila dipakai terus menerus terjadi keausan yang berakibat pada daya cengkram terhadap puli melemah dan timbul gejala slip. V belt ini harus diganti setiap 20-25 km dan harus dilakukan pengecekan atau servis setiap 10 ribu km.
Saringan udara harus dilakukan juga pengecekan, apabila kotor akan membuat kinerja motor tidak bagus dan campuran bahan bakar tidak optimal. Saringan udara matik berbeda dengan motor bebek. Matik menggunakan filter kertas yang menggunakan cairan khusus viskos yang berguna untuk menangkap dan menempelkan partikel halus yang dihisap.
Oli mesin harus diperhatikan. Gantilah oli mesin setiap 2.000-3.000 km. Telat mengganti oli mesin akan berakibat fatal pada mesin dan mempengaruhi kinerja mesin.
Untuk spare parts motor sebaiknya menggunakan bawaan asli dari pabrikannya motor Anda. Meskipun sedikit mahal tapi kualitas  terjaga dan kita puas dengan daya tahannya.

 

Modifikasi Motor Paket Hemat

Modifikasi motor saat ini sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari seorang bikers. Namun biaya untuk modifikasi motor tidaklah murah, namun bagi Anda yang ingin modifikasi motor dengan biaya hemat, cukup melakukan sediki modifikasi pada bagian tertentu, namun tetap bisa tampil oke dan gaya.


knalpot motor
- Pertama adalah meningkatkan tenaga motor dengan cara mengganti knalpot standar dengan knalpot racing atau free flow. Sesuaikan kapasitas motor dengan yang akan dipasang nantinya agar modifikasi ini bisa dirasakan lebih maksimal.
- Setel spuyer dan main jet. Setelah knalpot racing terpasang, perbesar setelan spuyer dan main jet. turlah spuyer dan main jet sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan Anda. makin besar setelannya semakin besar juga bensin yang digunakan.
- Mengganti Gear depan atau belakang. Bagi Anda yang ingin ‘tarikan’ yang panjang saat melaju gir belakang berukuran kecil. Misalnya dengan komposisi 33-14 bisa digunakan.
- Pasang Gas spontan untuk mendapatkan akselerasi motor yang cepat.
- Untuk modifikasi pada bagian luar bisa menambahkan aksesoris baik pada bagian body, velg motor.
Semoga bermanfaat.(wk)


Modifikasi Ringan Velg Motor Bikin Ciamik

Motor matik memang paling mudah dimodifikasi, walau hanya pada sektor kaki-kaki (velg  dan ban motor). Tidak perlu merubah bodi atau mengganti kelir bawaan dengan motif airbrush untuk tampil ciamik. Karena itu, bradercis pemilik motor matik kerap menyebut dengan modif racing look. Dika, salah satu pengguna Yamaha Xeon mengaku tidak tertarik untuk memodifikasi kuda besinya dengan konsep ekstrim. Baginya, untuk tampil beda tidak harus merogoh kocek terlalu dalam. Makanya tidak heran jika motornya hanya bermain pada sektor velg dan ban, serta menambahkan sedikit grafis pada bodi motornya.
velg motor
Sejak dirilisnya matik Yamaha tahun 2004 silam, pengadaan part-part racing dan standar oleh distributor terus membengkak. Bahkan hampir disetiap kawasan ada beberapa bengkel aksesoris yang menyediakan perlengkapan untuk motor tanpa persneling itu. Sebut saja kawasan Kebon Jeruk, Jalan Otista Jakarta Timur, Jalan Raya Bogor, Slipi, Jakarta Utara dan beberapa daerah lain. Penggantian velg orisinal menjadi ukuran 17’ memang sedang tenar. Terlebih belakangan ditawarkan warna-warna ngejreng, cerah sampai kalem. Tidak itu saja, velg dengan warna pelangi juga ditawarkan untuk pribadi ceria.
Motor matik makin banyak, aksesoris baru yang ditawarkan produsen juga bervariasi. Belum lama pemilik motor mencari velg ukuran 17’ dengan warna-warna mencolok. Tapi belakangan velg warna-warni lagi ngetren. Dalam sehari saya bisa menjual sampai 20 pasang, bukan hanya pemilik motor yang beli tapi juga pedagang,” ujarnya mantap. Lelaki berusia 34 tahun itu mengaku untuk velg merek DBS warna merah, biru, gold, hitam dibanderol seharga 150 ribu – 200 ribu rupiah sepasang. Sementara, velg warna-warni karena masih baru harganya sedikit mahal yakni 325 ribu rupiah sepasang.

Merawat Mio

Modifikasi Motor -  Sejak diluncurkan pada 2003, Yamaha Mio sukses memegang pasar matik nasional dengan peredaran melebihi 700ribu. Awalnya diprediksi jadi ikon motor perempuan, namun disuka pula tak kurang dari 50 persen kaum laki-laki. Kemudahan operasional, dimensi kecil serta bentuk yang up to date jadi kunci sukses matic 113,7 cc ini. Terlepas dari itu semua, beragam tips harian bisa dilakoni dewe loh. Simak yuk A-Z tips hariannya :

1. Perpanjangan Umur Pakai V-BELT :Sejatinya V-Belt kudu rutin diganti setiap pemakaian 15 ribu km, namun nggak jarang sebelum angka tersebut, V-Belt terpaksa diganti karena udah terkikis atau melar yang banyak disebabkan oleh kelalaian perawatan. Alangkah lebih bijak jika kamu rutin membersihkan filter penyaring debu di cover CVT. Hanya dengan pembersihan bensin, kotoran debu yang sering mengakibatkan V-Belt selip bisa dihilangkan dengan cepat.

2. Cek Kandungan Oil-Air Box Filter Karbu : Setiap box filter karbu Mio selalu dilengkapi detektor air dan oli. Lewat detektor berbahan karet transparan ini, kamu bisa melakukan pengecekan apakah box filter Karbu Mio kamu dipenuhi oli ataupun air. Jika jawabannya ya, segera bongkar dan bersihkan box filter karbu. Biaya & Lama Pengerjaan :Rp. 5 Ribu & 15 menit Perlengkapan :Bensin, Kunci Sok Ukuran 8


3. Rutin Ganti Oli Transmisi CVT : Di dalam CVT terdapat pula susunan gigi transmisi. Agar awet dan berfungsi dengan baik, kamu kudu rutin melakukan penggantian setiap jarak tempuh 10 ribu km. Ternyata olinya nggak harus oli khusus CVT kok, pake aja oli SAE 40 yang juga digunakan sebagai oli pelumas mesin. hanya sebanyak 100cc. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5-10 Ribu | 45 menit Perlengkapan : Bensin, Oli, Oben (+) dan Kunci Pas 10

4. Rutin Cek Aki Hindari Korosi : Aki punya peranan dominan buat mendukung kelistrikan, terutama penyalaan mesin dengan bantuan starter elektrik. Sering-seringlah memeriksa kondisi aki. mulai dari ketinggian air hingga kondisi baut +/- nya. Jika lengah, kutub2 dipenuhi kerak pengundang koros. Jika terlanjur bersihkan kerak dengan airpanas secara rutin. Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Obeng (+) dan (-), air panas, dan kuas

5. Perluas Lubang Irigasi Bagasi : Bagasi Mio dilengkapi dua buah lubang kecil di pojok-pojoknya. Lubang ini adalah lubang irigasi yang fungsinya untuk saluran pembuangan air yang terjebak di bagasi. Agar lebih maksimal, perluas lubang ini dengan bor ukuran baut 12. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Bor Listrik

6. Gampang Setel Karbu : Posisi karburator Mio ngumpet dalam bodi, tepatnya dibawah bagasi yang dikelilingi side body dan under seat kover. Nah cara praktis untuk perbesar/perkecil putaran RPM lewat karbu, cukup buka jok lalu buka penutup karet panjang di dasar bagasinya. Setel karbu lewat lubang itu dengan modal obeng doang. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Obeng (+)

7. Jaga Kedap Air Cop Busi :Posisi Busi Mio termasuk sulit dijangkau, selain itu juga posisinya tepat dibelakang lubang anginunder seat kover. Otomatis rentan terkena air dari lubang tersebut. Itu sebabnya cop busi dibuat kedap air dengan dilengkapi bibir karet. Agar lebih oke, jangan ganti ini dengan sembarang cop, selain itu untuk menjaga kekedapannya, gunakan bantuan sealer yang dioles mengelilingi bibir cop busi. Biaya | Lama Pengerjaan : 10 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Lem Sealer, Obeng (+)

8. Selamatkan Nomer Mesin : Nomer Mesin Mio terdapat di dinding atas blok CVT, namun sayang posisinya tepat di tepi dinding ban. Otomatis area ini sering ditempa kotoran aik air maupun debu. Agar nggak gampang rusak terjangkit korosi, segera amankan dengan pelapisan pernis Biaya | Lama Pengerjaan : 15-25Ribu | 5 menit Perlengkapan : Cat semprot clear, pen brush atau spray gun, pernis

9. Rawat Kover Plastik Hitam :Orsi-nya, kover Mio nggak seluruhnya menggunakan plastik berlapis cat. Beberapa diantaranya menggunakan bahan plastik berwarna hitam seperti back deck kover, foot board hingga under seat kover. Yang jadi masalah bagian ini susah dibersihkan apalagi keseringan tergores. Tips ampuh murah meriah untuk membersihkan sekaligus menghitamkan permukaannya kembali adalah dengan bantuan semir sepatu. Biaya | Lama Pengerjaan : 5-10 Ribu | 30 menit Perlengkapan : Semir sepatu hitam, sikat semir sepatu,lap pembersih

10. Usir Berisik Cakram : Terkadang cakram Mio mengeluarkan bunyi srek-srek yang diikuti seretnya putaran roda. ini diakibatkan geseran piringan cakram dengan kampas rem. Orsinya separuh bagian kampas rem disisi piston kaliper diganjal plat. Ganjalan separuh ini menyebabkan miringnya keping kampas rem akibat luasan dorongan yang ngga merata dari piston kaliper, lama-lama ketebalan kampas akan berbeda dan seterusnya kemiringan keping kampas akan menggeser piringan hingga mengeluarkan bunyi srek-srek. TIPS : Menangkalnya cukup sederhana kok, yang paling gampang dengan melepas plat pengganjalnya agar permukaan keping plat-nya rata. Tapi kamu kudu nyetel ulang kalipernya agar tarikan tuas rem-nya nggak terlalu dalam. Jika ngga pengen repot, penuhi aja pengganjalnya dengan bantuan tambahan plat tipis yang direkatkan lem besi.
(sumber Tabloid OTOTREND)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar